Reformasi Gereja

Selasa, 01 Februari 2011

Wah lama tak postingan... kali ini kami admin anak rengasdengklok akan memposting tentang kehidupn masa dulu nich ^_^ tentang arti Arti reformasi gereja. Reformasi artinya membentuk membuat struktur ulang pola kehidupan masyarakat. Reformasi gereja merupakan gerakan yang timbul dalam tubuh (Lembaga geraja) gereja yang hendak memberikan pembaharuan dibidang kehidupan beragama, khususnya kehidupan iman. Gerakan reformasi gereja lahi karena sebagian kehidupan masyarakat dan budaya Eropa didominasi oleh gereja. Keadaan semacam itu berlangsung pada abad pertengahan ke 5 sampai abad ke 15. Ajaran gereja merupakan kebenaran tinggi dan agama merupakan satu-satunya pegangan hidup manusia. ilmu agama atau teologi mendapat tempat tertinggi diantara ilmu lain. Akibatnya manusia pada abad itu tidak lagi memiliki kebebasan berfikir atau mencipta sendiri. Seluruh sikap dan pola hidup dibatasi, diatur, dan ditentukan oleh ajaran gereja.
Pilar kekuasaan gereja yang ketat itu didukung oleh Thomas Aquinas. Seorang ahli teologi dan filsafat gereja. Ia menulis buku yang berjudul Summa Teologi yang berisi pokok-pokok ajaran gereja. Thomas Aquinas juga mempelopori ajaran pemerintahan negara teoktrastik, yang mengatakan bahwa tuhan berdaulat atas segala sesuatu sehingga hak pemerintah teokrasi menurut Thomas Aquinas membawa akinat diberbagai bidang, Yaitu Bidang politik, bidang ekonomi, bidang sosial dan budaya.
Share this Article on :

1 komentar:

Raisya Maharani mengatakan...

dear moderator, saya mau tanya. apakah terdapat gereja yang dahulunya merupakan tempat persembunyian masyarakat di daerah rengasdengklok dari pembantaian karawang-bekasi?? jika benar ada, apakah nama gereja tsb? dan bagaimana revitalisasi untuk menjaga kelestarian sejarahnya?? thx

Posting Komentar

 

© Copyright Dengklok City 2010 -2012 | Design by Hiba Ambara | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.