Sejarah Coca-cola

Rabu, 09 Maret 2011

   Sob, kali ini saya akan mempublikasikan tentang minnuman yang setiap hari saya minum, yaitu Coca-cola..
Coca-cola merupakan minuman yang berkelas dunia, karena minuman ini telah terkenal diseluruh dunia, Setiap hari juga saya suka minum coca-cola di sekolah. Hehe.. Setiap harinya 900 Juta orang meminum minuman Coca-cola, sungguh menakjubkan memang yaa… Oya, berikut ini saya akan mempublikasikan sejarah dari minuman Coca-cola yang terkenal diseluruh dunia.
   Coca-cola sebenarnya diciptakan oleh seorang warga Atlanta, Georgia. Pada tahun 1886 dibulan Mei, Oya sebenarnya nama Coca-cola tersebut diambil dari seorang warga Amerika, yang bernama Frank Robinson dalam ide pikiranya. Dia juga pemegang dari pembukuan Dr.Pemberton yang kemudian menggambarkanya dalam bentuk teks script .
   Oya, Sob. Sebenarnya si pembuat nama Coca-cola terrsebut berasal dari campuran dari bahan minuman juga. Yaitu “Stimulant Cocaine” kalau tidak salah minuman ini dicampurkan dengan Cola Nuts. Cola nuts itu semacam minuman yang Caffeine). Nah, pada pertama kali dibuat ditahun 1886-an, Sebenarnya minuman ini disebut oleh orang-orang Amerika sebagai minuman obat, Begitu pun dengan apa yang disampaikan oleh Dr. Pemberton. Dia mengatakan bahwa minuman Coca-cola dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, Seperti Morphine addiction, Dyspepsia, Meurasthenia, sakit kepala dan impotensi. Pada saat itu minuman Coca-cola dijual dengan harga 5 Cent/Gelas… Sebenarnya minuman Coca-cola merupakan minuman yang terinspirasi oleh pikiran Dr. Pemberton atas kesuksesan minuman dari Prancis. Yaitu “Cocawine Perancis Vin Mariani” yang pabrikannya terletak di kota Angelo Mariani.
  
   Minuman Coca-cola pertama kali diperjualbelikan secara umum di Atlanta Georgia, yaitu bertempat disalah satu farmasi yang bernama Jacob pharmacy, pada tahun 1888 Dan pada akhirnya masyarakat Amerika menyukai minuman tersebut. Ketika delapan bulan pertama minuman Coca-cola laris terjual di Atlanta, Georgia sekitar Sembilan botol minuman per hari. Dan setelah menjual banyak produk minuman Coca-cola, akhirnya ditahun pertama U$D 50 (Pada saat itu U$D 50, merupakan nominal yang besar), Namun Dr. Pembeton belum memperoleh keuntungan  dari hasil penjualan produk tersebut, mengingat biaya pengeluaran modal yang harus dikeluarkan oleh Dr.Pembeton sekitar U$D70, Jadi setelah dihitung-hitung perolehan keuntungan yang harus diterima oleh pembeton sekitar Minus U$D20. Akibatnya Dr.Pembeton harus ekstra kerja siang malam untuk menjual produknya supaya memperoleh keuntungan.
   Setelah produk Coca-cola diperjual belikan di Atlantan Georgia, Akhirnya minuman Coca-cola memperolah perkembangan di Atlanta, Georgia dan memiliki Saham, dan pada tahun 1887 Dr. Pembeton menjual sahamnya ke suatu ternama (Pada saat itu), yaitu perusahaan Asa Griggs Candler,  yang menjadikan perusahaan berbadan hukum Coca-cola Coperation di tahun 1888 dan akhirnya Produk bisnis Coca-cola dimiliki oleh perusahaan Asa (Pada saat itu),  setelah mendapatkan sertifikasi badan hokum oleh perusahaan Asa Griggs Candler, Produk Coca-cola kian pesat perkembanganya di amerika.. Akhirnya Dr.Pembeton menjual saham keduanya  ke salah tiga orang pebisnis, Yaitu J.c Mayfield, A.O Murphey dan E.H Bloodworth. Dan pada akhirnya Anak dari Dr.Pembeton menjual Produk buatanya sendiri. Saat ini produk Coca-cola memiliki tiga jenis macam Produk yang dibuat di tiga persahaan yang berbada dipasaran.. 
   Pada tahun 1891, Pemilik dari bisnis Coca-cola yang telah dijalankan oleh perusahaan Asa mendapatkan penghasilan sebesar U$D2.300 (Pada tahun 1891 uang segitu nominalnya sangat besar), Kemudian  ASA mencoba produk lainya. Setelah menjual produk lainya dari Coca-cola akhirnya ASA menghentikan penjualan mproduk lainya dan memfokuskan dan mengembangkan bisnis yang telah membesarkan namanya hingga akhirnya ia menjadi seorang pebisnis yang sukses… Setelah perkembangan yang pesat, akhirnya Candler mendaftarkan Trademark Minuman Coca-cola pada kantor Paten Amerika dan membayar Devidenpertamanya sebesar U$D20 untuk mendapatkan sertifikasi Hak paten ditahun 1893.
   Tak jauh dari tahun 1893 Candler secara pribadi  selalu mencoba agar rasa coca-cola agar lebih enak, yaitu dengan mencampurkan tetesan sirup yang dibuatnya. Formula itu disebut dengan sebutan “7X” dan percobaan itu hanya diketahui oleh dia dan rekan-rekanya saja yang dapat dipercaya, jadi dalam arti Formula rahasia.

   Seiring berkembanganya teknologi, dunia industri, souvenir, periklanan, promosi oleh wanita cantik, dll.. Akhirnya produk minuman Coca-cola berhasil mengekspor produk minumanya ke Negara tetangga Amerika dan logo gambar Coca-cola pun tersebar dinegara-negara bagian Amerika dan sekitarnya.
Share this Article on :

2 komentar:

Agus mengatakan...

Wah, artikelnya manteb sob..

Anak Rengasdengklok mengatakan...

Kalo gak salah, pepsi ama coke saingan yaa..?? ^_^

Posting Komentar

 

© Copyright Dengklok City 2010 -2012 | Design by Hiba Ambara | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.