Jalan-Jalan ke Monumen Rengasdengklok

Jumat, 20 Mei 2011


   (inforengasdengklok.com)   Tugu Monumen Kebulatan Tekad di Dusun Bojongtugu, Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok, belum lama ini sudah mulai ada peningkatan dalam saran pembangunannya.
Tak ayal, setiap musim liburan tiba, para pengunjung di berbagai daerah terus berdatangan untuk berwisata. Kebanyakan pengunjung yang singgah di tempat bersejarah tersebut, rata-rata ingin mengetahui sejarah monumen tugu proklamasi tersebut. Namun, tak jarang para pengunjung menyempatkan diri untuk berdoa bagi para pahlawan yang telah menoreh tinta emas khususnya di Rengasdengklok.
Menurut pengelola Kuncen Monumen tugu kebulatan tekad Rengasdengklok, Madja, mengatakan belum lama ini tugu kebulatan tekad sudah dikunjungi para wisatawan lokal dari jakarta.
"Mereka rata-rata yang datang ingin sekali mengetahui latar belakang sejarah Tugu kebulatan tekad yang selama ini telah sangat populer di Indonesia. Namun, kata madja, sebagian juga ada yang memanjatkan doa untuk para pahlawan yang telah berjuang dan mendirikan tempat sejarah ini," tutur madja pada Info Rengasdengklok, Selasa (15/2) kemarin.
   Dilanjutkannya, para pengunjung yang datang terkadang suka mengabadikan tempat sejarah ini dengan berfoto bersama dengan memakai pakaian ala tentara zaman dulu."Bahkan ada yang datang ke lokasi ini memakai kendaraan sepeda ontel dengan berpakaian tentara zaman dulu pula," jelasnya.
Jika hari libur, katanya, pengunjung kebanyakan anak-anak sekolah, baik SD, SMA, maupun mahasiswa. Namun, jika dibandingkan dengan para pengunjung atau wisatawan umum atau anak sekolah tujuan mereka datang kesini hampir sama, yaitu ingin mengetahui latar belakang dan berjiarah.
Sementara memenurut pengunjung lokal asal Kota Bekasi, Dendi Nugraha (29) mengatakan, kedatangannya ketempat sejarah tersebut tiada lain hanya ingin mengetahui latar belakang tugu kebulatan tekad tersebut.
"Saya datang ke sini ingin mengetahui latar belakang adanya tugu ini. Kebetulan saya juga ditugaskan oleh guru untuk mengupas tentang monumen sejarah yang ada di Kota Karawang ini," jelas Dendi.
Tidak hanya itu, kata dia, dirinya datang ke Wilayah Rengasdengklok juga ingin mengetahui seberapa maju pembangunan kota pangkal perjuangan yang katanya lagi dibangun monumen baru.
"Bener pak, saya juga datang jauh-jauh dari Bekasi cuma ingin menetahui Rengasdengklok dalam segi pembangunannya, terutama bangunan monumen yang lagi dibangun. Saya melihat bangunan monumen yang baru ada perbedaan jenis tugunya, dan itu maknanya apa ya pak," ungkap Dendi sambil melontarkan pertanyaan pada Info Rengasdengklok. (IR-02)
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dengklok City 2010 -2012 | Design by Hiba Ambara | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.